Akhir tahun 2022 lalu, salah satu produk tablet dari Xiaomi telah masuk ke pasaran Indonesia. Xiaomi Redmi Pad merupakan tablet dari Xiaomi yang bisa kamu andalkan untuk melakukan berbagai kebutuhan hiburan keluarga. Yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dari tablet lainnya adalah pada harga yang lebih terjangkau dengan performa yang tak kalah dari produk lain. Seri ini agak berbeda dengan sebelumnya karena tanpa memberikan nama yang spesifik. Padahal di tahun 2021 Xiaomi sudah mengeluarkan tablet Redmi Pad 5 sehingga seri ini kemungkinan besar adalah penyempurnaan dari seri sebelumnya tersebut. Tablet ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang mulai bekerja dan membutuhkan gadget mobile untuk melakukan berbagai job desk dari mana saja. Yuk intip spesifikasi dan reviewnya sebelum membeli.

Body Dan Layar

Xiaomi Redmi Pad memiliki layar dengan ukuran 10,61 inchi. Pada layarnya sudah diberikan pelindung dari Corning Gorilla Glass untuk menghindari goresan akibat pemakaian maupun penyimpanan. Memiliki refresh rate 90HZ resolusi layar 2K (2000 x 1200 pixel) yang cukup nyaman dipandang oleh mata saat Anda mengganti tampilan yang ditayangkan. Selain itu tablet memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits yang sebaiknya tidak kamu gunakan langsung di bawah sinar matahari. Kelebihan dari layar Xiaomi ini adalah sudah memiliki pelindung untuk sinar biru atau Blue Light sehingga lebih sehat untuk mata khususnya untuk mata anak-anak yang sering memandang layar tablet dalam waktu lama.

Untuk ukuran dimensinya, tablet Redmi Pad ini memiliki ukuran 250.5×158.1×7.1mm, dengan berat 465g. Material bodynya terbuat dari alumunium frame. Bentuknya dibuat seperti kotak datar dengan bagian ujung melengkung sehingga nyaman digenggam. Rumah kamera berada di belakang kanan atas jika tablet digunakan secara horizontal. Tombol power berada di sisi kiri sedangkan tombol volume berada di sisi atas bersebelahan dengan slot untuk microSD. Jangan mencari slot kartu karena tablet satu ini tidak mendukung penggunaan jaringan kartu atau hanya menggunakan jaringan koneksi wifi saja. Di sisi kanan terdapat slot USB dan ada 2 buah speaker di masing-masing sisinya untuk memberikan pengalaman menonton film yang lebih menyenangkan. Di dalam boxnya kamu juga akan mendapatkan adaptor charger dengan kekuatan pengisian 22,5 W serta kabel USC A to C.

Berikut ini ringkasan untuk body dan layar:

  • Ukuran atau dimensi 250.5 x 158.1 x 7.1 mm.
  • Berat 465 gram.
  • Material glass front dan alumunium frame.
  • Ukuran layar 10.61 inches, 320.4 cm2.
  • Tipe layar IPS LCD, 1B colors, 90Hz, tingkat kecerahan 400 nits (typ).
  • Resolusi 1200 x 2000 pixels, 5:3 ratio.

Dapur Pacu

Soal dapur pacu yang mempengaruhi performanya, Xiaomi mempercayakannya pada chipset dari Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm). Chipset ini dipadukan dengan performa RAM 6GB yang dapat ditingkatkan hingga menjadi 8 Gb. Sedangkan untuk penyimpanan dalamnya mencapai 128 Gb, jangan khawatir karena sudah terdapat slot microSD hingga 1 Tb. Jika dibandingkan dengan seri pendahulunya yaitu Redmi Pad 5, seri ini memiliki kecepatan yang lebih baik yaitu 1 x 2.96GHz & 3 x 2.42GHz & 4 x 1.78GHz. Untuk system operasinya sendiri menggunakan Android tipe 12 MIUI 13.1.

Dengan bekal dapur pacu seperti di atas, tablet ini memang bisa dipakai untuk semua anggota keluarga. Anda bisa menggunakannya untuk melihat film secara streaming di Netflix dengan kualitas suara Dolby Atmos dari speaker stereo. Pekerjaan juga bisa dilakukan secara multitasking dengan cukup baik. Lalu bagaimana dengan penggunaan untuk bermain game? Nyatanya kamu bisa memainkan game PUBG dengan cukup baik apalagi game anak-anak yang tak terlalu membutuhkan grafis dan kecepatan tinggi. Namun kamu harus cukup puas dengan grafis rendah untuk jenis permainan yang membutuhkan power lebih besar.

Rangkuman untuk dapur pacu Xiaomi Redmi Pad:

  • Chipset menggunakan Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU Mali-G57 MC2.
  • System operasi OS Android 12, MIUI 13.1.
  • RAM 6 Gb sampai 8 Gb.
  • ROM 128 Gb plus slot micro SD hingga 1 Tb.

Kamera

Untuk fitur fotografi, tablet in sudah memiliki satu buah kamera yang berada di bagian depan dan satu buah kamera yang berada di bagian belakang. Semuanya menggunakan kamera beresolusi 8 Mp. Kamera depan sudah menggunakan focusrate untuk membuat penggunanya berada di dalam jangkauan frame kamera. Tablet memang bukanlah gadget yang efektif untuk mengambil gambar sehingga fitur kamera sepertinya hanya sebagai pelengkap saja. Di kamera belakang pun tidak disediakan fitur lampu flash untuk tambahan penerangan. Namun begitu untuk pengambilan gambar di siang hari atau dengan cahaya mencukupi, hasilnya sudah cukup baik.

Rangkuman untuk fitur kamera:

  • Kamera belakang 8 MP.
  • Resolusi Video 1080p@30fps.
  • Kamera depan 8 MP, f/2.3, 105° (ultrawide).
  • Video 1080p@30fps.

Baterai

Tablet Xiaomi Redmi Pad sudah menggunakan batre berukuran besar 8000mAH. Dengan kapasitas tersebut Anda bisa puas memakai tablet ini untuk bermain game, sekolah online hingga melihat film tanpa perlu mengisi batre di tengah-tengah kegiatan. Untuk chargernya, Xiaomi juga sudah menyediakan adaptor berkecepatan 22,5 W. Namun kapasitas pengisian tablet sendiri hanya 18W. Dengan kapasitas pengisian tersebut, tablet memerlukan waktu sekitar 2 jam 25 menit dari kosong hingga penuh. Meskipun belum mendukung fast charging untuk pengisiannya, namun kamu bisa mengisi tablet ini hanya satu kali untuk penggunaan seharian penuh. Bahkan untuk penggunaan stand by atau normal, batre ini bisa bertahan hingga 3 hari tanpa pengisian.

Rangkuman batre:

  • Jenis batre Li-Po 8000 mAh, non-removable.
  • Daya pengisian batre 18W dengan pengisian kabel.
  • Belum mendukung fast charging dan wireless charging.

Ketersediaan Pasar

Kamu bisa membeli Xiaomi Redmi Pad ini dengan beberapa pilihan warna, yaitu:

  • Graphite Gray,
  • Moonlight Silver,
  • Mint Green.

Saat ini harga tablet satu ini berada di kisaran Rp. 3,5 jutaan.

Kesimpulan

Bagi Anda yang membutuhkan sebuah tablet untuk hiburan keluarga, maka Xiaomi Redmi Pad ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Sudah memiliki layar ukuran 10 inchi dengan 4 buah speaker yang mendukung Dolby Atmos untuk pengalaman mendengarkan music, menonton film hingga main game yang menakjubkan. Kelebihan lainnya ada pada kapasitas batrenya yang ekstra besar yaitu 8000mAH. Anda bisa menggunakan tablet untuk menonton film seharian. Pada posisi stand by bahkan tablet bisa bertahan hingga 3 hari. Meski tablet bukan gadget yang tepat untuk mengambil gambar, namun Anda bisa menggunakannya dengan adanya kamera 8 Mp di bagian depan dan belakang. Hasil jepretannya cukup baik untuk pencahayaan yang cukup begitu juga jika dipakai untuk video call. Sayangnya tablet ini tidak memiliki slot sim card sehingga hanya mengandalkan wifi saja. Belum dilengkapi dengan pelindung debu dan percikan air sehingga kurang aman untuk aktifitas luar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *